Dasar Type Data

Landasan Tipe data adalah pada level rendah, dimana berarti bahwa tipe data digunakan untuk menyatakan keberadaan data pada memori.
Tipe data umum yang ada pada C++ adalah:

Data Types No. of Bytes Used for representing
char 1 characters and strings
int 4 integers
float 4 floating point numbers

Variabel pada C++

Variabel adalah merupakan dasar dari beberapa bahasa program. Suatu nilai dapat ditugaskan pada variabel, yang mana dapat dimasukkan pada saat program dieksekusi. Nilai yang ditugaskan pada sebuah variabel diletakkan dalam memori. Variabel dapat dideklarasikan menggunakan keyword int, char, dan float.


Variabel Integer

Variabel integer dapat digunakan untk menyatakan sebuah nilai angka. Ikuti contoh program berikut:

//Program 1.2
/*program ini mendemontrasikan penggunaan variabel integer dan penggunaan
multiple line comment */
#include
void main()
{
int iVar1; //mendefinisikan variabel integer iVar
int iVar2 = 10, iVar3; //mendefinisikan variabel integer iVar2 dan menugaskan nilai 10
// dan juga mendefinisikan variable iVar3
iVar1 = 5;
iVar3 = 6;
cout<<"nilai dari adalah iVar1 : "<<<<" nilai dari adalah iVar2 : "<<<<" nilai dari adalah variables Character digunakan untuk menyatakan nilai konstanta character seperti 'A', 'm', dan seterusnya. Konstanta Character hanya mampu berisi single Character Contoh penggunaan variabel character: //Program 1.3 //Program ini mendemontrasikan penggunaan variabel character #include void main() { char cVar1; //definisi sebuah variabel character cVar1 char cVar2 = 'A'; /* definisi sebuah variabel character dan menugaskan sebuah kontanta character*/ cVar = 'B'; cout<<"Value of cVar1 is "<< cout=""><<"Value of cVar2 is "<<>
0 Responses