PAM (Pulse Amplitude Modulation)

SISTEM KOMUNIKASI DIGITAL
PAM (Pulse Amplitude Modulation)

TUJUAN
1. Mengerti prinsip modulasi PAM
2. Mampu mendeskripsikan fungsi dari PAM
3. Mengetahui aplikasi dari modulasi PAM

ALAT dan BAHAN
• Modulator PAM : 1 buah
• Demodulator PAM : 1 buah
• Generator Fungsi : 1 buah
• Power supply ± 15 V, 2A : 1 buah
• Osiloskop dual trace : 1 buah
• Test probe 10 : 1/1,switchable : 1 buah
• Frekuensi counter : 1 buah
• Probe Adapter,4 mm : 1 buah
• Banana to banana : 4 buah
• BNC to banana : 2 buah
• Jumper : secukupnya

TEORI DASAR
Untuk memaksimalkan penggunaan saluran transmisi, percobaan dibuat untuk memasukkan sebanyak mungkin sumber signal pada satu channel. Sebagai tambahan untuk frekuensi multiplex, time multiplex juga diikutkan. PAM dibutuhkan untuk system time-multiplex. Dari teorema sampling Shannon, ini tidak dibutuhkan untuk mengirim sinyal yang utuh. Ini cukup untuk mengambil sample dari sinyal, dimana frekuensi sample, fP, minimal dua kali dari sinyal frekuensi tertinggi untuk transmisi.
Rentetan pulsa secara periodic adalah amplitude-termodulasi oleh frekuensi signal. Modulasi dibuat oleh element Sampling, yang mana membolehkan sinyal untuk melewati output untuk waktu dari masing-masing pulsa. Terpisah dari signal, sample ini menghasilkan spectrum frekuensi yang lebar.

PROSEDUR PERCOBAAN
1. Set generator fungsi dengan sinyal sinus, 200Hz, dan amplitude 2Vpp. Kemudian set time base pada osciloskop 0,5ms/div. pada input Volt/div= 0,5V/div serta pada output Volt/div=1Volt/div. atur frekuensi clock generator pada PAM sebesar 2kHz sampai diperoleh tampilan yang stationer.
2. Gambar hasil output pada lembar kerja 1.
3. beri komentar tentang gambar tersebut.
5. Set osciloskop :
a. Input signal = 0,5V/div
b. Output signal = 2V/div
c. Time base = 0,5ms/div
6. set PAM modulator :
a. Clock frekuensi = 8kHz
b. Pulse width = 50µs
7. Gambar hasil output pada lebar kerja 2
8. beri komentar tentang gambar tersebut.
9. Ubahlah pulse width dan amati apa yang terjadi pada output sinyal.
0 Responses